PRIORITAS TETAPLAH PRIORITAS – Telaah Harian STIFIn 2 April 2018

Jika pekerjaan utama ibarat kapal dan pekerjaan sampingan ibarat sekoci maka mengurus kapal lebih utama daripada menghabiskan waktu untuk sekoci. Banyak orang yang gagal fokus tentang hal ini.

Alasannya macam-macam seperti: kurang modal, kurang SDM, sedang dapat momen, keperluan jangka pendek, demi cash flow, hanya ini yang bisa dilakukan, tuntutan konsumen, harapan klien, desakan pasangan, dapur perlu ngebul dll. Alasan adalah hal yang paling mudah dibuat.

Dan anehnya, kebanyakan dari anda ingin dipahami atas gagal fokus ini. Ingin dimengerti bahwa hal itu manusiawi.

Perlu diluruskan, bahwa mengurus sekoci tidak akan bisa menyelesaikan keperluan kapal. Jangan gatal punggung, garuk kepala.

Sesungguhnya mengurus kapal dengan mengurus sekoci sama capeknya, sama beratnya, sama-sama menghabiskan energi dan waktu kita. Tapi kalau kita terpaku mengurus sekoci, kapan kita mau ngurus masa depan kita.

Sekoci itu jebakan Batman. Karena sekoci itu persoalan hari ini dan kemarin. Berarti kita belum beranjak.

Merujuk kembali pada apa yang dikatakan genetik anda, pada kekuatan utama anda, pada best of the best anda, dan pada rasa syukur anda. Itulah jalan kapal besar anda. Itulah jalan kembali.

Biarlah yang sekoci diurus oleh asisten, sedang mengurus kapal harus oleh tangan anda sendiri, agar kegentingan dan kepentingan bisa dalam sekali melangkah. Anda akan cerdas mengatasi hal ini, cukup dengan mengeluarkan potensi genetik anda ■ 020418

Farid Poniman
Penemu STIFIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *