DUNIA TIDAK LINEAR – Telaah Harian STIFIn 29 Maret 2018

Kekayaan yang luar biasa para pebisnis IT seperti Jeff Bezoz, Bill Gates, Mark Zuckerberg, Jack Ma, dll menandakan bahwa dunia telah melompat-lompat tidak lagi linear. Semakin jelas bahwa rizqi tidak hanya datang dari bumi ternyata juga datang dari langit. Langit maya.

Terobosan demi terobosan akan membuat asumsi bisnis cara lama harus dikoreksi ulang. Ketika pasar sekarang bergeser ke Amazon, Alibaba, Lazada, Tokopedia, dll dan ketika agen tiket bergeser ke Traveloka, Tiket.com, dll menjadi pertanda bahwa bermunculan model-model bisnis baru. Yang kira-kira kalau bisnis tidak mengandalkan digital marketing, maka tunggulah kepunahannya.

Era seperti ini adalah peluang bagi orang-orang kreatif –terutama yang bergenetik Intuiting– untuk ‘menang-banyak’. Orang Intuiting tidak lagi mencari ‘remah-remah’ rezeki namun mengambil ‘kue bisnis’ yang besar-besar.

Cobalah masuk dalam pertarungan digital yang tidak ada penghalang selain kemampuan terobosan kita sendiri. Jangan malah sibuk dengan retail bisnis, urusan recehan, dan kebisingan perilaku-perilaku kerdil.

Bisnis besar memerlukan kita berada di orbit besar. Orbit terobosan. Orbit yang tidak lagi linear.

Bahkan bayangkanlah kita berada satu era di depan digital marketing. Di depan era platform. Mungkin era blockchain. Atau bahkan di depannya lagi.

Ayo jangan tidur kawan… ■ 290318

Farid Poniman
Penemu STIFIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *