TEROBOSAN BANGSA – Telaah Senin 19 Maret 2018

Indonesia dapat melakukan terobosan kebangsaan melalui konsensus nasional. Tidak perlu mengubah dasar negara Pancasila. Tidak perlu membincangkan lagi tentang Piagam Jakarta. Karena semua itu akan mengeluarkan ongkos politik yang mahal.

Konsensus nasional yang diperlukan hanyalah cukup menjadikan sila pertama menjadi ruh bagi sila-sila yang lain. Berat timbangan sila pertama dijadikan lebih berat dibanding sila yang lain. Prioritas anggaran negara memperbanyak pada penerapan sila pertama.

Sehingga kemanusiaannya kemanusiaan spiritual, persatuannya persatuan spiritual, kerakyatannya kerakyatan spiritual, dan keadilan-sosialnya keadilan-sosial spiritual.

Lebih jauh, ekonominya ekonomi spiritual, politiknya politik spiritual, demokrasinya demokrasi spiritual, sosbudnya sosbud spiritual.

Jika konsensus nasional itu bisa disepakati maka insyaallah Indonesia akan menjadi adi kuasa baru. Karena keshalehan sosial merebak menjadi keshalehan (penyelenggara) negara diikuti keshalehan keluarga dan keshalehan individu. Adalah soul (jiwa), dzouq (ngebatin), believe (keyakinan) dan segala yang berbau kecerdasan-emosi (EQ) merupakan kekuatan genetika Feeling Bangsa Indonesia. Modal peradaban yang tak ada tukarannya ■ 190318

Farid Poniman
Penemu STIFIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *